Pengertian dan Cara Kerja Server Pulsa

Cara Kerja Server Pulsa

Masih banyak yang bertanya tentang Apa Itu Server Pulsa? secara umum ketika mendengar SERVER PULSA maka bagi yang awam berfikirnya pasti sesuatu yang ada urusannya dengan jual beli atau bisnis Pulsa, nah dalam kesempatan ini mari kita bahas bersama apa itu SERVER PULSA?

Apa Itu Server Pulsa

Server Pulsa adalah sebuah perangkat komputer/PC yang sudah terinstall Software Pulsa yang sudah terhubung dengan beberapa modem yang sudah terisi chip dengan stok pulsa seperti chip MKIOS, MTRONIK, DOMPUL, VTRI dan lain-lain, selain modem yang berisi chip produk operator seluler, terdapat juga modem yang berisi kartu/chip yang berfungsi untuk menerima transaksi dana atau mengirim pesan jawaban ke user dan pelanggan.

Apa Fungsi Server Pulsa

Server pulsa fungsi utamanya adalah meringkas pekerjaan penjualan Produk Pulsa All Operator dalam satu sistem yang mudah dan serba otomatis, hal ini untuk memudahkan pekerjaan konter atau penjual pulsa itu sendiri, dengan berkembangnya teknologi maka di dalam server pulsa sudah ditambahkan Fitur fitur yang sekiranya perlu untuk memenuhi kebutuhan sebuah proses server pulsa, baik dalam Transaksi, Deposit, Komplain dan lainnya.

Penjualan pulsa dengan cara manual akan sangat merepotkan karena harus dilakukan secara manual saat melakukan pengisian pulsa, namun dengan server pulsa yang menggunakan software server pulsa pekerjaan akan lebih mudah dan tentunya bisa untuk melayani pendaftaran agen atau konter pulsa untuk menjadi member di server pulsa yang kita bangun.

Perangkat Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Membangun Server Pulsa

  1. Perangkat Komputer Lengkap ( CPU, Keyboard, Mouse dll). Disarankan supaya menggunakan perangkat komputer dengan spesifikasi yang mumpuni ( minimal Dual Core Ram 1 GB). Tak kalah pentingnya, pastikan Power Supply yang outputnya minimal 450 watt.Untuk OS, bisa menggunakan Windows XP, Windows 7 dll.
  2. Modem/ HP, HP ini digunakan untuk memasukkan chip stok operator produk yang kita jual. ( MKIOS, MTRONIK dll).
  3. UPS ( Cadangan Daya Listrik). Berfungsi untuk memastikan bahwa komputer tetap menyala dan tranksasi pengisian pulsa tetap berjalan.
  4. Software Pulsa ( Asli, jangan Bajakan). Penggunaan software bajakan sangat rentan terhadap serangan malware. Jadi, gunakan software berlisensi. ada banyak pilihan software isi pulsa di Indonesia. Tinggal pilih mana yang sesuai permodalan.Modempool 8 Port USB. Banyak pengusaha server pulsa yang menggunakan modem ini.

Cara Kerja Server Pulsa

Agen ( penjual pulsa) melakukan sebuah SMS perintah pengisian pulsa, misal nominal 5000 ke sebuah nomor Indosat. SMS tersebut ditujukan kepada SMS Center pada server pulsa. Lalu sistem server akan menerima sms tersebut dan akan memproses pengisian pulsa dengan melakukan perintah pengisian kepada chip Mtronik  ( Indosat).Kemudian, secara otomatis chip Mtronik akan melakukan perintah USSD pengisian pulsa ke nomor yang diminta. Setelah sukses pengisian, akan ada informasi. Dan informasi tersebut akan diteruskan kepada agen, bahwa pengisian pulsa sudah berhasil.Semua berjalan otomatis dan dalam hitungan detik saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Layanan